Sunday, April 26, 2020

Corona, Karantina, Dalgona

     Corona yang muncul pertama kali di kota Wuhan, China pada Desember 2019 belum berakhir hingga saat ini, April 2020. Mulai dari dikatakan sebagai wabah, dan saat ini corona ditetapkan sebagai pandemi. Meskipun di China virus ini sudah dapat ditangani dan keadaan berangsur membaik, namun corona atau COVID 19 kemudian mulai berkelana keseluruh dunia. Bahkan, di beberapa negara, corona semakin menjadi-jadi, seperti kejamnya ibu tiri pada FTV. Di Indonesia, penyebaran virus corona yang begitu cepat mengakibatkan banyak masyarakat yang tertular virus ini. Dari 8.000an kasus positif corona, 700 diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Belum ditemukan secara pasti vaksin yang tepat untuk mengatasi virus penyebab corona. Sehingga masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatan, menjaga kebersihan dan mentaati himbauan pemerintah agar tidak bertambah kasus positif corona di Indonesia. 

     Salah satu cara agar terhindar dari virus corona yakni dengan menerapkan hidup sehat dan mematuhi himbauan pemerintah. Beberapa diantaranya menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dengan sabun, hanya bepergian dalam keadaan mendesak, membawa handsanitizer ketika bepergian, menggunakan masker dan dilarang berduaan, karena yang ketiga adalah setan. Jika memang terpaksa harus pulang dari daerah yang banyak kasus positif corona di daerah tersebut, masyarakat harus sadar untuk melakukan isolasi mandiri, atau karantina secara mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing. Apabila dirasakan gejala terkena virus corona selama masa karantina, segeralah datang ke rumah sakit rujukan COVID19 dan berikan data yang jujur seperti riwayat penyakit, dan riwayat perjalanan kepada petugas medis.

     Selain karantina karena bepergian atau pulang dari daerah yang terdampak virus corona, untuk memutus rantai penyebaran virus corona, masyarakat dihimbau untuk di rumah saja sampai keadaan mulai membaik. Dengan hanya di rumah dan mengurangi bepergian, kita dapat membantu tim medis untuk meringankan pekerjaan mereka dengan tidak menambah pasien mereka. Kapan lagi kita dapat menyelamatkan dunia hanya dengan rebahan saja? Bagi kaum rebahan, inilah saatnya kalian  bermanfaat.

Nescafe dengan gula

MENGISI WAKTU REBAHAN DENGAN DALGONA

     Terlalu lama rebahan dapat menyebabkan rasa malas meningkat beberapa tingkat, malas mandi, malas makan, bahkan untuk bernapas saja membutuhkan tutorial. Salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu rebahan yang sangat padat yakni dengan mencoba membuat dalgona coffee tanpa mixer. Yang pengen tau sejarah dalgona, baca aja di wikipedia, capek nulisnya Meskipun terkesan hanya mengikuti tren, membuat dalgona coffee tanpa mixer ternyata memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
Melatih kesabaran. Membuat dalgona tanpa mixer memerlukan waktu sedikit lebih lama dibanding dengan mixer, sehingga diperlukan kesabaran untuk melakukannya. 
Melatih kekuatan otot tangan. Mengaduk kopi agar tercipta dalgona yang sempurna tidak dapat dikatakan hal yang sepele karena kekuatan otot tangan diuji. Melakukan adukan secara konsisten selama beberapa menit dapat membantu meningkatkan kekuatan otot pada tangan.
Membakar kalori. Belum ada penelitian secara pasti berapa kalori yang terbakar karena membuat dalgona coffee. Yang pasti, dalam proses pembuatan dalgona dapat membakar kalori. Mulai dari proses beranjak dari rebahan, ke warung berjalan membeli sesachet coffee, mengambil sendok, mangkuk, membuat susu di gelas, mengaduk kopi sampai jadi dalgona, gelut dengan saudara yang menginginkan dalgona kita sejak awal. Proses tersebut dapat membakar beberapa kalori dalam tubuh.
Lebih menghargai waktu. Membuat dalgona cofee tanpa mixer memerlukan waktu pengadukan 5 sampai 20 menit tergantung pada alat apa yang digunakan. Setelah dalgona tersebut jadi, menghabiskan segelas susu dengan topping dalgona hanya memerlukan waktu satu atau dua menit. Tidak sebanding dengan lama waktu pembuatan dalgona. Pada akhirnya, kemudian akan menyadari betapa yang telah dilakukan adalah hal yang sia-sia, dan tidak akan mengulanginya kembali. 

TIPS MEMBUAT DALGONA YANG BAIK DAN BENAR

     Membuat dalgona tanpa mixer merupakan kegiatan unfaedah akan tetapi merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi mereka yang berhasil. Bagi yang gagal, jangan bunuh diri karena gagal mengaduk kopi. Bisa sebenarnya susu langsung dicampur kopi dan langsung diminum, rasanya hampir sama. Hanya saja memang, prinsip manusia pada umumnya "kalo bisa ribet, kenapa harus dibuat gampang". Berikut cara membuat dalgona tanpa mixer yang baik dan benar, dilengkapi dengan tips menarik yang tidak penting sama sekali. 
1. Persiapkan semua bahan. Kopi nescafe classic (bukan endorse, paling gampang pake ini), gula jika mampu, mangkuk, sendok plastik, dan air.
2. Tuangkan satu bungkus nescafe classic ke dalam mangkuk, tambahkan satu sendok teh air bening suhu sedang. 
3. Tambahkan gula semampunya, jika tidak mampu beli gula, bercerminlah.
4. Aduk menggunakan sendok plastik. Kenapa harus sendok plastik? biar tidak berisik.
5. Aduk hingga dia mencintai kita. Saking lamanya bisa jadi sampai dia diembat orang.
6. Normalnya, lama mengaduk 5 sampai 20 menit sampai menempel di sendok dan tidak jatuh apabila dibalik.
7. Persiapkan susu ke dalam gelas, boleh susu apa saja. Susu kambing etawa juga boleh.
8. Tuangkan kopi yang sudah berbentuk foam ke dalam gelas yang sudah berisi susu.

     Perlu diperhatikan bahwa, ada perbedaan antara nescafe yang digulai dan tidak digulai. Nescafe yang diaduk dengan gula akan mengembang lebih lama, tetapi lebih padat, masa ngambang di susu juga lebih lama dan tidak menyatu. Sedangkan nescafe yang diaduk tanpa gula akan mengembang lebih cepat, hasil lebih banyak, akan tetapi akan cepat menyatu dengan susu, mungkin rindu.
Adonan dalgona dengan gula

 
Adonan dalgona tanpa gula




     Seperti gambar di atas, terlihat perbedaan antara nescafe yang tidak dicampur dengan gula dan yang dicampur dengan gula. Karena yang tidak terlihat adalah rasa cintaku kepadamu. Untuk hasil yang sudah dituang ke dalam gelas, juga terlihat perbedaaannya. Gambar yang di atas merupakan perpaduan nescafe dengan gula. Sedangan gambar yang di bawah merupakan nescafe tanpa gula. Rasanya hampir sama, hanya sikapmu saja yang lain. 

ALTERNATIF SELAIN KOPI

     Beberapa orang yang mungkin memiliki masalah dengan kopi, diharapkan segera diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Jangan sampai menimbulkan perpecahan. Bagi yang memiliki tingkat kesabaran yang rendah, disarankan untuk membeli mixer. Ada beberapa alternatif lain yang dapat dijadikan dalgona selain kopi, diantaranya :
1. Matcha
2. Milktea
3. Milo

     Dengan takaran yang sama, bisa jadi pembuatan dalgona versi next level ini akan memakan waktu yang berbeda dalam pembuatannya. Apabila gagal, disarankan untuk kembali pada kasta minuman tertinggi, yakni es teh dan diharapkan untuk tidak mencoba membuat dalgona kembali. 

     Pada akhirnya, sayangi waktumu seperti kamu menyayangi isi dompetmu. Rebahanlah untuk membantu keadaaan di tengah pandemi corona agar segera baik-baik saja. Tetapi, jangan lupa beranjaklah untuk mewujudkan salah satu mimpimu. Update status dengan pencapain yang telah kamu lakukan di tengah pandemi ini. Updatelah,meski hanya dengan satu gambar.





No comments:

Post a Comment