Islam Cinta di Kafe BasaBasi Sorowajan bersama Habib Husen Ja'far Hadar

photo from twitter @arcotransept
Malam Minggu admin kali ini 7/9/2019 sedikit berfaedah dengan nongkrong di Kafe Basabasi. Yang biasanya malam Minggu glundang glundung kayak bligo, malam Minggu kali ini lain, akhirnya admin mendapatkan sebuah siraman rohani tentang cinta. Bukan karena bucin, tapi sengaja membucinkan diri ini dengan menghadiri pengajian, di Kafe. What? Wait?, Oke, Kafe Basabasi tergolong kafe yang unik. Ketika malam Minggu di kafe lain live musik, koploan, dangdutan, bahkan menjadi sobat ambyar, Kafe Basabasi menghadirkan sosok religius milenial santuy. 
     Basabasi mengajak ahlul qohwah tidak hanya sekadar ngopi, tapi juga mengajak ngaji, dengan cara yang santuy. Dengan menghadirkan Habib Husen Ja'far Hadar, seorang Habib muda bertalenta, sering dibilang Habib jomblo oleh Gus Nadirsyah Hosen, yang akhirnya menikah satu bulan yang lalu. Cara dakwah beliau sangat santai, sehingga dapat diterima dengan baik oleh kaum muda, baik dalam dakwahnya di youtube, twitter, maupun dakwah beliau saat live. Ngobrol seru tentang "Islam Cinta" di Kafe Basabasi dipandu sendiri oleh CEO Kafe Basabasi, yakni Edi Ah Iyubenu, atau Edi Mulyana. Memang sangat seru, obrolan yang santai, menarik, penuh canda, tapi kena di hati. Beberapa hal yang disampaikan Habib Husen Ja'far Hadar dalam Ngobrol Seru Islam Cinta.

     Awal dari obrolan, ada sebuah gangguan, suara pesawat yang lalu lalang. Tapi, hal tersebut bukan halangan. Habib Husen menceritakan sebuah kisah tentang seseorang yang terganggu karena suara gonggongan anjing. Suara anjing menggonggong bisa jadi mengganggu, tapi siapa yang tahu, bahwa menggonggong adalah cara dari anjing untuk bertasbih, karena memang suaranya seperti itu. Dari awal obrolan, Habib Husen sudah memebrikan pola pikir untuk selalu berhusnudzon.
     Dalam obrolan seru tersebut, Habib Husen mengajak ahlul qohwah untuk berjihad. Jihad yang bagaimana? bukan mengangkat senjata dan berangkat ke Jalur Gaza, tapi melakukan jihad yang sederhana. Jihad tidak melulu menjadi ustadz. Setiap orang memiliki jalan jihadnya sendiri, karena jihad adalah soal hati dan menurunkan nafsu. Habib Husen mengajak untuk melakukan jihad mulai dari hal yang sederhana, mulai dengan antri dengan baik, membuang sampah pada tempatnya, dan membuang mantan pada temannya. *nganu.  
    Beliau juga memberikan tentang ibadah, dimana ibadah merupakan sebuah seni merayu Tuhan. Ibadah tidak hanya tentang ibadah spiritual, akan tetapi juga ibadah sosial. Ada beberapa kisah yang beliau sampaikan, salah satunya tentang dua saudara yang tinggal di beda laintai. Salah seorang di lantai atas dan ahli ibadah, dan yang seorang lagi seorang ahli maksiat yang berada di lantai bawah. Keduanya sama-sama heran, si ahli maksiat berfikir, kenapa si ahli ibadah sangat betah di tempatnya, apakah ibadah itu menyenangkan. Dan ahli ibadah juga berfikiran, seperti apa maksiat itu, hingga saudaranya betah untuk selalu bermaksiat. Si ahli maksiat mempunyai niatan untuk naik dan beribadah, dan si ahli ibadah ini berniat untuk turun dan melakukan maksiat. Sebelum sampai, keduanya terpleset, saling menindih dan meninggal. Akhirnya, siahli maksiat yang masuk surga, dan ahli ibadah masuk neraka. Kenapa bisa demikian? Karena niatan menjadi lebih baik, atau malah kepada sesuatu hal yang buruk. Yang ditekankan disini adalah, bagaimana sudut pandang seseorang terhadap orang lain, untuk selalu berhusnudzon, karena tidak tahu seperti apa pada akhirnya. 
Photo from twitter @arcotransept
     Habib Husen kemudian menanggapi fenomena hijrah yang banyak terjadi dikalangan anak muda, yang kemudian merubah penampilan dan lain sebagainya. "Orang Indonesia pake baju Arab, Orang Arab pake batik" begitu yang disampaikan beliau, karena Habib Husen sendiri menggunakan Sarung Batik Lagurda, tidak menggunakan jubah pakaian Arab. Dalam setiap tawa obrolan bersama Habib Husen, ada beberapa wejangan yang beliau sampaikan, diantaranya :
-Jangan sampai membela kelompok Anda, melebihi Nabi. Ketika ada orang yang berdakwah dan meninggikan suaranya, sebenarnya yang dia tinggikan adalah egonya. 
-Jangan mengkafirkan saudaramu, karena tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui bahwa seorangpun kafir. Orang yang mengkafirkan orang, yang sebenarnya dirinya sendiri kafir. 
-Jangan meremehkan suatu hal kecil, foto bersama misalnya. Karena kita tidak akan tahu, jalan hidayah seseorang itu datangnya darimana. Siapa tahu, dengan foto bersama dapat membukakan jalan hidayah kepada seseorang untuk menjadi lebih baik. 
     Pada pembahasan Islam Cinta, beliau menerangkan bahwa Islam Cinta adalah sebuah asas. Syariat Islam adalah Syariat Cinta, dimana apabila kita mencintai Allah, maka kita dianjurkan untuk mencintai Rasulullah. Betapa Allah sangat mencintai Rasulullah. Jangan sampai, ibadah tinggi akan tetapi memiliki sosial yang rendah. Ahli ibadah, tapi sulit tersenyum, berarti dia tidak memiliki cinta. Salah satu contoh yang beliau berikan sangat menarik tentang syariat Cinta, yakni memberikan kebahagian kepada jomblo yang baru putus cinta.  
Banyak sebenarnya isi dari Obrolan Seru di Kafe Basabasi, saking banyaknya dan serunya, admin bingung bagaimana menulisnya. Intinya, adalah tentang cinta, selalu berhusnudzon, jangan bersuudzon. Banyak antuasiasme dari ahlul qohwah untuk bertanya, dan sangat seru memang. Di akhir obrolan, CEO Basabasi, yai Edi juga menambahkan " Orang buruk punya masa depan, dan orang baik punya masa lalu". Banyak pelajaran yang dapat dipetik, banyak tawa dalam cinta. Saya berharap, Kafe Basabasi sering-sering menghadirkan tokoh yang dapat membangun ahlul qohwah menjadi pemuda yang tidak hanya berprinsip "ngopi selama urung rabi" tapi juga "ngopi, ngaji, kanggo bekal rabi". Ya gak gitu juga. . . 
     Pada akhir sesi, yakni kesempatan Habib Husen juga memberikan manusia-manusia bucin untukberfoto. Daan, antrinya luar biasa. Sukses selalu Kafe Basabasi, terima kasih telah menyediakan tempat ngopi yang asyik meski kadang admin datang sendiri. Telah mengadakan rutinan burdah dan obrolan seru sebagai media ngaji. Sediakan jodoh juga kalo bisa, biar admin bisa hepi. -eh


















Share:

0 comments