Review Pengiriman Barang Via Wahana Prestasi Logistik

      Awalnya berkirim surat maupun barang bisa dilakukan melalui kantor pos. Namun kemudian, semua berubah ketika negara api menyerang. No, bukan itu. Namun, sekarang ini, selain kantor pos sudah banyak jasa pengiriman, baik surat, barang maupun mantan. Salah satunya yakni Wahana Prestasi Logistik, biasanya disebut juga Wahana Express. Selain JeeNE, JeeNTe, JeETe, dll, Wahana cukup populer dan terkenal paling murah diantar sekian jasa pengiriman. Tapi, aman tidak? Jangan-jangan sampainya lama kayak nunggu dia peka?


  Berikut kisah admin menggunakan jasa layanan Wahana untuk pertama kalinya.

     Kenapa menggunakan Wahana? Karena belum gajian, dan ada teman ngidam yang minta dikirimi makaroni dari Jogja (admin berada) ke Bogor (si bumil). Sudah beli makaroni, tiba-tiba pas mau kirim, duit gak ada. Gimana dong? Biasanya admin menggunakan JeeN wa akhowatuha, dengan ongkir berkisar 20k, kemudian teringat seorang teman yang sering menggunakan jasa Wahana karena "murah".

Akhirnya, admin memutuskan untuk menggunakan jasa Wahana, tanpa cek biaya kirim secara online. Padahal, sebenarnya bisa cek dulu di www.wahana.com. Akan tetapi, semua sudah terlambat karena sebuah "kemrungsung", ngladenin bumil. Kalau kelamaan, anaknya lahir ngeces gimana, kalo pas nyampe kelamaan, g jadi ngidam ini gimana? Panik sudah. Rabu sore jam 16.00  selesai packing, lihat google maps, wahana munggur tutup jam 18.00 ,langsung gas. Tanpa tanya teman, tanpa lihat review, dan tanpa undangan, langsung yakin untuk kirim.

     Sesampainya di wahana Munggur, jam 16 lebih sekian, dan mas yang jaga mengatakan, bahwa last pick up jam 3 sore, jadi paket dikirim besok, estimasi 2 hari. Dan anda tahu berapa biaya Jogja-Bogor untuk 1kg lebih dikit makaroni? Hanya 7 ribu rupiah. Murah, meriah, banget. Kawatir tidak sampai? Pasti. Apa yang admin lakukan? Baca review. Review beda-beda bikin deg-degan. Metode lain yakni, call a friend, menanyakan pengalaman dia menggunakan Wahana. Dia berkata, "paketku wingi ketlingsut dek lewat wahana, ndadak ngurus bla bla bla bla, chapter 1, 2, 3 until last exam". Semakin kawatir pastinya.

     Dan yang paling bikin deg-degan, si bumil saking ngidamnya, ribut tanya kapan si makaroni sampai. Baca resi, estimasi 2 hari kerja. Wait, 2 hari kerja. Hari kerja dalam benak admin adalah Senin-Jumat. Admin kemudian berfikir "ke Wahana Rabu sore, Kamis jam 15.00 baru di pick up, Jumat seharian, Sabtu-Minggu libur, Senin baru sampai. Ya Allah, keburu si bumil meong-meong. Akhirnya, hanya bisa khusnudzon, berdoa, dan bertawakkal pada Allah Yang Maha Esa. Dan Kamis pagi, baru kemudian mengirimkan foto bahwa paketan sudah tak antarkan ke jasa pengiriman. Dan apa yang terjadi, si bumil mengabari kembali "Alamatnya kurang, harusnya "Komplek Puri 6", itu kamu nulisnya kurang angka 6, ada 12 komplek disini, kalo gak nyampe gimana, aku nunggunya lama gimana, bla bla bla". Omaygaaad, kekawatiranku berintegral dan berkwadrat. Sudah ruwet, admin pasrah.

     Tiap jam seperti orang kasmaran, buka cek resi online. Khawatir tidak sampai? Khawatir kurirnya bingung? Khawatir bumilnya meong meong? Khawatir dia jalan sama yang lain? Ya, pasti. Singkat cerita, Sabtu pagi tidak buka resi online. Admin berfikir bahwa kemungkinan dari 2 hari kerja tercepat akan sampai pada hari Senin. Tapi apa yang terjadi? Sabtu siang si bumil meong-meong lagi. Kenapa? Yuhuuuu, paketan sudah sampai. Kebahagian si bumil mendapatkan obat nyidamnya terbayarkan, admin yang khawatir sampai kurus kering cuman mikirin makaroni.
Singkatnya, perjalanan makaroni dapat digambarkan sebagai berikut :

Selasa : digoreng sama abangnya
Rabu : (siang) admin beli
             (Sore) diantar ke Wahana
             (Nginep di Wahana)
Kamis : di pick up, dan memulai perjalanan kr Bogor bersama orang yang tidak dia kenal
Jumat : terkatung-katung dijalanan
Sabtu  : sudan bersama bayik di dalan perut dalam keadaan selamat tanpa kurang suatu apapun

Lebih singkatnya, Kamis diantarkan, Sabtu sampai.

Rabu, makaroni siap berpetualang
Sabtu, makaroni sampai tujuan
Kesimpulan menggunakan Jasa Pengiriman Wahana:
 
-Biaya Jogja-Bogor (1kg) hanya 7 ribu rupiah
-Petugas memberikan penjelasan terlebih dahulu agar customer tidak shock terkait jadwal pengiriman
-Paket sampai sesuai estimasi, yakni 2 hari kerja.
-Memiliki banyak outlet, dengan jam tutup yang berbeda. Sehingga dapat lebih fleksibel mengirimkan paket (Bisa dicek di google maps)
-Untuk mengetahui estimasi biaya kirim, customer dapat melakukan cek sendiri melalui www.wahana.com
-Tracking paket terpercaya, melalui www.wahana.com

     Semoga tetap murah Wahana, jadikan mengirim paket secara hemat tidak hanya sekadar wacana. Piss lof en gawlll.





Share:

10 comments

  1. Pengiriman paket pake Wahana, cukup satu kali saja, dan kapok,.....udah mahal, pengiriman datengnya lama, pokoknya ga recomended dah. Pelayanan jelek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tiap outlet berbeda ya, kmarin coba lagi kirim kado nikahan ke temen via wahana juga, Jogja-Madiun, Rabu pagi kirim, kamis sore temen udah kasih kabar kalo paketan sudah sampai, karna berat 4kg dan kena volume total ongkirnya 40rb, alhamdulillah saya tidak pernah kecewa 😁

      Delete
  2. Saya udah 4 hari ga sampai sampai, pengiriman bogor - bandung, smpe sekarang belum sampai, jd khawatir. Males lagi deh, cukup sekali aja

    ReplyDelete
  3. Bogor palembang sudah 7 hari blm sampe juga. Kapok bgt cek resi barang msih di jkt wow ini hr ke 7 lo

    ReplyDelete
  4. review teebaru nih tentang wahana. penerima barang harus on no.nya. karena kalo pas kurir antar barang ke alamat yg bener(apalagi udah biasa kirim barang ke alamat itu) tapi kalo no telp penerima gak aktif/gak on, barang langsung dibawa balik ke gudang return. dengan alasan paket harus diterima oleh penerima, sehingga paket tidak hilang. bayangin aja kalo kita mau kasih surprise barang ke orang dan kita tidak tau orang tersebut sibuk/hpnya rusak/hilang dan ujung ujungnya barang tidak sampai, kan percuma. belum lagi ada biaya tambahan untuk pengiriman ulang seharga biaya pengiriman 1 kg + nunggu 2-3hari. ribet banget sumpah. belum lagi harus pantengi jejak resi biar ketahuan gagal atau gaknya. kalo gagal lagi, bakal balik lagi ke gudang return. gitu terus sampai tahun monyet.

    ReplyDelete
  5. wahana kadang bener kadang gak bener. emang murah, tapi malah jadi misteri kalo wahana lagi gak bener(kayak barang gagal kirim/jangka pengiriman lama/barang ketelingsut ketelingsut). hadeeeeh banget sama wahana. mending pake paxel. cuma beda 3k-5k an. tergantung jarak. tapi pasti sesuai dengan jangka waktu yg kita mau dan pasti sampe.

    ReplyDelete
  6. Halo, untuk pendaftaran keagenan Wahana Express bisa menghubungi kontak WA Sales berikut :

    087880003588 Wati untuk area Jawa Timur
    087880005088 Subekti untuk area Jawa Tengah
    089605033700 Pratama untuk area Jabodetabek

    Terimakasih
    Wahana Express - Sales Team

    ReplyDelete
  7. Untuk pengiriman jakarta-bandung wahana enak banget.paling lama 2 hari.asal saat membeli barang nya senin-kamis.rata-rata malah sehari sampai dengan syarat pengiriman dibawah jam 12 siang. Besok pagi atau siang udah sampai.banyak yang gak sadar(mungkin untung-untungan juga karna lokasi)tapi dengan ongkir 5rb-an pengiriman nya kyk Jnt or Jne.verry good deal. Soalnya udah nyobain semua jnt,jne dsj. Malah pernah pake jne YES malah kecepatan kirim nya kyk yg reguler walaupun tidak semua. Cuma y kekurangan nya wahana, weekend tidak ada hari pengiriman.jadinya yaa harus ngirim nya senin atau selasa. Biar bisa take advantage.

    ReplyDelete
  8. Pengalaman Pake wahana, 1. Paling lama dari lawannya. Estimasi 2-4 hari, ya pasti di hari ke 4.
    Ke 2, ah mungkin cuma kebetulan waktu itu lemot, coba lagi, eh gitu juga.
    3. Gak kapok, mencoba ga berpikir jelek. Eh tetep.
    4. Bye wahana.

    ReplyDelete