Review Pengiriman via JNE, Alhamdulillah Selalu Aman, Meski Pernah Bikin Deg-degan


    Siapa sih yang enggak kenal jasa pengiriman yang satu ini? kenalan dulu kalo belum kenal. JNE  (PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu jasa pengiriman papan atas yang jam terbangnya sudah tinggi. Masih punya hubungan darah dengan jasa pengiriman TIKI, nanti bisa baca-baca sendiri. Nugraha sama Eka itu siapa, nanti bisa kontak CS JNE aja. Yang pasti JNE bisa menyampaikan apalah-apalah yang ingin kamu kirimkan, asalkan bayar biaya antar. 
    Agen JNE cukup mudah ditemukan di berbagai daerah, banyak sekali, ada dimana-mana, seperti kenangan aku dan kamu. Beberapa agen buka sampai malam, bahkan di daerah yang agak kota ada juga yang buka 24 jam. Mas-masnya yang sift malam kebanyakan tampan, gagah, ramah, dan wangi, --astaghfirullah. Mungkin bisa dibilang sering banget menggunakan jasa JNE ini dibandingkan dengan jasa pengiriman yang lain. 

    Alasannya karena agennya mudah ditemukan, buka sampai malam, cukup terjangkau (pakenya reguler terus sih), cepat sampai (nah ini yang mau dibahas), aman, dan mas-masnya tampan. 

Loh, cepat sampai kenapa mau dibahas? Karena pernah lama juga sampainya. Sharing pengalaman aja nih. Dari beberapa kali menggunakan JNE, pernah mengalami hal-hal ini, nomor 4 bikin tercengang (klick bait banget gak sih):

1. Takjub banget, paket reguler Pasuruan-Jogja 24 jam (lebih dikit) udah nyampe. 

    Admin punya olshop kecil-kecilan sih, toko ada di Jogja, tapi sebagian barang di Pasuruan. Wagelaseh, kog bisa? gak tau deh, random pokoknya. Tiba-tiba, siang ada pemesanan dari daerah Sleman, dan stock tersedia di Pasuruan. Akhirnya, calling gudang Pasuruan, jam 2 siang dikirim, eh,dini hari barang udah nyampe Jog Gateaway dong. Admin kira bakal nyampe ke pemesan besok karena mungkin di sortir dulu. Sore jam 4, ternyata barang sudah di terima pemesan. Keren Banget!
 

2. Lebih cepat dari estimasi. 

    Punya temen nyidam emang repot, apalagi udah pulang ke Bogor tapi lidahnya ketinggalan di Jogja. Pengen ini itu makanan yang cuman ada di Jogja. Ya kalo makanannya yang tahan lama kayak makaroni ngehe ga masalah ya, Ini nyidamnya apa coba? "SAMBEL DAN KREMES PENYETAN SEJEDEWE" mumet enggak tuh. Akhirnya tak pesenin kremesnya aja. Kata si mas kang goreng kremes, bisa bertahan kalo bener-bener rapet ngirimnya. OK! Jumat jam 7 malem aku beli, jam 8 malem tak bungkus, kirim ke Bogor via JNE Vibro yang 24jam. Kata si Masnya yang tampan, misal pake YES pun nyampenya Senin karena estimasi jam kerja Sabtu enggak ngirim. Akhirnya, aku kirim dengan layanan reguler Jogja-Bogor 17 rebu. Estimasiku Senin atau Selasa baru nyampe, eh ternyata, Minggu udah di tangan bumil. Pengen nangis gak sih, terharu.

3. Sesuai estimasi. Ini biasanya kalo ngeOlshop dari Jakarta atau Bandung. 

    Estimasi 3-4 hari, ya sampai juga sesuai dengan hari yang dijanjikan. Kecuali kalo harbolnas atau musim hujan. Mending kita maklumi, kasian juga mas kurir yang berjuang di jalanan, sendirian, menjaga paket-paket yang tak berdosa. 


4. Mumet gak nyampe-nyampe, ngapain dulu coba paketnya. 

Sebuah kisah . . .

    Ini pengalaman paling pusing. Jogja-Pasuruan biasanya 2-3 hari udah nyampe, ini sampe 6 hari. Yang bikin pusing sebenernya isi paketnya. Suatu ketika datang paketan dari ponakan di Singapur, doi ngirim 2 dus besar Thermometer gun, yang tiap dusnya 24pcs thermometer, dimana harga satuannya 1 juta. Kemudian 1 dusnya diminta buat kirim ke Pasuruan. 1 dus 24 biji, hitung aja 24 JUTA. Tanggal 3 jam 6 sore kirim, minta sama masnya buat di packing kayu, biaya 200rebu (udah sama asuransi). 

Masnya tanya "Di asuransikan mbak?"
Aku jawab "iya mas"
Masnya tanya lagi "Perkiraan harganya berapa mbak"
aku jawab "24 Juta mas"
 
Masnya menatapku, dan ku tatap balik.

    Karena isinya 24 juta, trackingnya bener-bener aku kawal, kayak ngawal pemilu. Tracking sampai tanggal 3 Jam 11 Malam masih aman. Tanggal 4 gak ada pergerakan, tanggal 5 gak ada pergerakan lagi, tanggal 6 juga sama, baru sorenya ada kabar bahwa masih nyantol di shorting center. Kemudian aku yang bergerak. Lantas, apa yang aku lakukan??? Benar, Neror admin CS JNE di email dan twitter. Tapi tetep, kudu nanya baik-baik dong, kasian juga kadang sama CS kalo nerima komplain. 

Awalnya coba-coba, lama-lama ketagihan. Eh, ga gitu. Awalnya sekadar nanya aja via email, terkait paket tidak bergerak, jangan lupa mencantumkan resi, nomor rekening g usah dicantumin. Terus dibales nih sama admin, balesannya kita disuruh sabar aja, nunggu 3-4 hari. Nunggu jodoh aja aku sabar mas, apalagi nunggu ginian Ya Allah. Tapi, ternyata aku ga sabar, 24 Juta gaess, gajiku yang gak genep 2jt perbulan bisa buat bayar ganti rugi butuh berapa bulan. Udah mulai overthinking dan suudzon barang hilang. Tanggal 5 hubungin CS di email lagi, trus diminta ciri-ciri paket. Petugas kemudian  membuat laporan pengaduan dengan kode CAS-(8digit angka+digit semacam kode gitu). Selama petugas mencari, aku berdoa, jadi kita saling berusaha. So swit ya.

    Selain ngechat email, aku juga ngechat di twitter. Jawaban CS.nya pasti minta nomor resi, bukan nomor HP. CS twitter nih, bikin hati tenang karena CS.nya selalu mengatakan bahwa paket aman. Tapi, bentar, kalo aman kenapa lama banget sih Bambaaaaang. Apalagi baca review aduan dengan kode CAS ada yang bilang paket hilang. Makin overthinking dong akunya. Akhirnya, karena sama sekali tidak ada perubahan status selama 3 hari, aku telfon customer service. Jawabannya apa? baru di cek. Perasaan udah enggak karuan, bingung, was-was, mules, pusing, geringgingen, serasa dikhianati pacar. Namun, semua perasaan berubah ketika anggal 6 sore sudah ada pembaharuan status meskipun masih tetap di Jogja. 

    Alhamdulillah sekali, tanggal 7 mulai ada pergerakan lagi. Pantau sampai malam paket aman. Padahal sebelumnya, jika tanggal 7 tidak ada pergerakan, aku bakal silaturahmi ke gudangnya. Tanggal 8 ada pergerakan lagi, dan sore alhamdulillahnya lagi sudah diterima oleh alamat tujuan. Sebelumnya nih, di record ada yang aneh, Tanggal 4 udah sempat tertulis bahwa paket sudah OTW ke Pasuruan. Tapi tidak ada pembaharuan status, sampai tanggal 6 sore ternyata masih di Jogja. Itu di cek resi udah di edit. 

    Yang paling penting, paket diterima dengan selamat, sentausa, berdaulat adil dan makmur. Memang perlu di pahami bahwa pihak ekspedisi gak cuman ngurusin paket kita aja. Jadi ada kalanya cepet, ada kalanya ada kendala. Cuman ya customer kadang ada was-was juga, apalagi nominal paketnya lumayan. 24 Juta dibeliin cemdol bisa buat renang warga satu RT. 

Muter-muter mulu mbak,intinya apaa???? Intinya, selama menggunakan JNE selalu aman dong. Estimasi tidak bisa diprediksi, bisa lebih cepet, bisa lebih lama kayak janji dia. Mungkin, lain kali aku pengen ada ekspedisi yang bisa ngirim perasaan dan rinduku padanya. (sadar wey). Intinya lagi, tanyakan apa yang ingin kamu utarakan ketika ada keluhan. Customer service bukan dukun yang langsung tau masalah kamu kalo kamu enggak cerita Maemunaah. Intinya, asal nanya nya sopan dan baik-baik, Customer service bakal kasih kita informasi dengan menyenangkan juga.

    Inti yang terakhir, jangan terlalu berharap. Pertahankan selagi bisa. Tapi, tinggalkan jika memang dia tidak seharusnya untuk kita. Kebanyakan inti juga malah bisa bikin dia menjauh. Akhirnya, apapun ekspedisinya, tetap saja we fall in love with people we can't have.


Share:

0 comments