Kuliah Ilmu Perpustakaan? Enggak Keren, Tapi Saya Bangga


Foto ketika admin PPL di UiTM, Malaysia
Jurusan kuliahku enggak keren, tapi hidup harus selalu sabar dan syukur.

     Memasuki awal semester kayak gini, mestinya banyak mahasiswa baru yang kemudian bangga dengan kampusnya. Namun, ada juga yang malah g kuliah, bukan karna tidak diterima atau tidak mampu bayar kuliah, tapi karena 'males, gak suka jurusannya'. Pernah ngalamin? Ya, saya mengalaminya, 'enggak suka sama jurusannya', bedanya saya tetap kuliah sampai lulus. Ya kayak semacam cinta yang dipaksa, akhirnya menikah juga. 

     Ceritanya, karena terlalu idealis nilai matematika di bangku sekolah yang hampir tidak pernah jelek, saya pengen jadi guru matematika melalui kuliah pendidikan matematika. SNMPTN saya mendaftar pendidikan matematika di UNY dan di UNS sebagai pilihan kedua. Tapi saya ditolak. Kemudian mendaftar melalui jalur reguler UIN-Suka, tetap pendidikan matematika pada pilihan pertama, dan Ilmu Perpustakaan pada pilihan kedua atas rekomendasi kakak. Dan hasilnya, saya ditolak pendidikan matematika untuk yang ketiga kali. Sedikit mengenaskan, tapi setidaknya saya diterima dipilihan kedua, Ilmu Perpustakaan. 
Suka sama jurusannya? Ya, kampusnya sih Suka Suka aja, karna emang UIN-Suka, tapi awalnya, jurusannya tidak suka. Gimana mau suka, tau aja enggak. Jangankan tetangga pada nanya, saya aja yang mau kuliah bingung 'iki jurusan opo, kuliahe ngopo, kerjane ngono, emange penting??'. Berbekal Ridhallah Ridhalwalidian, akhirnya saya juga lulus walaupun awalnya enggak suka jurusannya. Bapak saya sudah ridho yang penting saya kuliah, ya mau gimna lagi? haha.Karena males jurusannya gak keren, bahkan sampai lulus pun saya kuliah berangkat selalu telat, dan sampainya dikelas tidur. Tapi, sisi keren dari kuliah itu sebenernya kita sendiri yang mencari.

      Selama kuliah saya harus bersabar menerima keadaan. Gimana enggak, saya satu-satunya alumni dari SMA saya yang kuliah di UIN, yang lain kuliah di kampus bergengsi, di UGM, UNY, UNDIP, ITB, IT telkom dsb, dengan jurusan yang keren juga pastinya. Di UIN sebenernya bakal ngerasa keren juga kalo jurusannya ekonomi, biologi, matematika, hukum, dan sejenisnya. Tapi ini, Ilmu Perpustakaan. Ketika temen-temen pada cerita betapa keren mereka kuliah, saya diem aja karna merasa g keren. Sama tetangga juga diomongin, 'anak.e kae kuliah opo.e, SMA.ne neng kono kog neng UNY wae ra ketompo'. Sabarnya harus tebel, sabar dengerin ocehan orang dan sabar jelasin kuliahnya ngapain aja biar g terlalu dihina, haha.

Tapi saya banyak bersyukur kuliah dijurusan Ilmu Perpustakaan. 
-Syukur karena biaya, bayangin aja, kuliah sppnya 600rb persrmester, dan 100rb buat praktikum, total 700rb persemesternya, ini bukan karna apa-apa, tapi emang segitu biayanya, baik anak petani, buruh, pns, konglomerat, juragan empang, pengusaha bakso krikil dan anak pejabat, bayarnya ya sekitar segitu. Di SMA saya dulu 600rb itu cuman spp buat 2 bulan. Kuliah 600rb, jangankan buat bayar wifi fakultas, buat beli pewangi ruangan di kelas aja masih kurang. 
-Syukur, karena mata kuliahnya tidak terlalu membuat pusing, tidak banyak laporan tentunya. Kecuali beberapa mata kuliah terkait informatika yang muter otak harus menguasai koding sampe laptop eror tiba-tiba enggak kuat dual boothing itu udah biasa. Ya mana tahu kan, kuliah perpustakaan bakal install aplikasi koding atau buat SI. Jadi kadang beli laptop sekedar beli enggak mikir spekulasi buat aplikasi berat. 
-Syukur, saya mendapatkan kesempatan bisa praktik lapangan sampe negara orang. Awal kuliah bayangin aja enggak kan. Ilmu Perpustakaan, jurusan yang kalo dibayangin kayak pojokan ruangan, ada lemari dan sawangen, bisa-bisanya ngirim mahasiwa tukang tidur ini ke negara orang.
Tapi saya bisa belajar banyak hal dari Ilmu Perpustakaan, tentang bagaimana ilmu itu ada, bagaimana menjaganya, baagaimana cara mudah mencarinya, berperan dalam literasi informasi dan jadi tahu betapa kerennya perpustakaan, walaupun saya sendiri kadang masih malas baca buku.

      Semua ada hikmahnya, ya memang iya. Ketika apa yang kita tentukan tidak tercapai, Allah lebih tahu mana yang baik untuk kita. 'Ana uriidu, wa anta turiidu, Wallahu ya'lamu maa yuriid'. Allah tahu yang terbaik untuk kita dan tahu kemampuan kita. Jadi, kalian anak-anak maba yang males kuliah karna jurusannya enggak keren, coba jalani aja dulu, jangan langsung putusin aja. Sisi keren dari kuliah itu kita sendiri yang nyari. 


Goodluck buat maba-maba yang ada, jalani aja dulu kuliah kalian . . . 

Mengeluh tipis kadang perlu biar tidak terlalu se-pa-neng. 

Share:

0 comments