PESONA SENJA PUNCAK SOSOK


Baca juga: Wajah Baru Kokambar (Kopi Kampung Ambarukmo)

"Mendaki gunung, lewati lembah . . . " nyebur sungai sampai ke samuderanya jangan. Melalui perjalanan

mendaki gunung, sampai puncaknya kita akan mendapatkan pemandangan yang indah, termasuk menaiki puncak sosok. Puncak sosok merupakan salah satu destinasi wisata para pencari sunset di Bawuran, Bantul yang dapat dikategorikan sebagai tempat yang baru.  Sekitar 9 km dari Janti atau blok-O, alamatnya bisa dicari di google maps, InsyaAllah valid hingga 90% asal ada kuota. Keberadaan destinasi Puncak Sosok mulai dikelola pada tahun 2017 dan baru mulai ramai beberapa waktu terakhir. Faktor "U-sia" menjadi salah satu sebab Puncak Sosok "muda" belum banyak pengunjung, karena pada awal dibuka akses jalan menuju Puncak Sosok 'kecil' masih dalam perbaikan. Awalnya, jalan menuju Puncak Sosok hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua, kemudian dengan adanya perbaikan jalan sekarang Puncak Sosok dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat.
Tidak ada biaya retribusi masuk Puncak Sosok, cukup membayar parkir 5k untuk roda dua. (Pas musim liburan, atau suka-suka pengelola)

KEISTIMEWAAN PUNCAK SOSOK


Seperti tempat ngesunset pada umumnya, Puncak Sosok menawarkan ketinggian, bukan tinggi hati maupun darah tinggi, melainkan tempat yang tinggi karena memang berada di puncak bukit. Pada waktu sore pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam hari mulai malam, dan malamnya akan dapat menyaksikan pemandangan seperti di bukit bintang. "Njuk istimewanya apa mbak?".  Keistimewaan Puncak Sosok, karena di tempat ini pengunjung dapat melihat puluhan sapi secara liar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Kapan lagi bisa lihat sapi dalam jumlah banyak kan? Tapi tenang, bau sampah tidak akan tercium dari Puncak Sosok. Skip
Keistimewaan Puncak Sosok ada pada lokasinya yang berada di puncak bukit, dengan konsep lahan yang menurun seperti tribun dengan layar dan panggung kecil di depan. Beberapa warung unik juga menjadi ciri khas tersendiri dari Puncak Sosok. Pada waktu tertentu, pengelola menampilkan live music yang lagunya enak untuk dimakan. Dan cemilan yang enak untuk didengar. *Kebalik min. Beberapa spot foto juga tersedia, namun diharap untuk tidak berfoto terlalu romantis, untuk menjaga perasaan para jomblo yang meramaikan Puncak Sosok. Pesan layanan masyarakat ini disponsori dan disampaikan oleh pengunjung yg lain------

HARGA MENU MAKANAN DAN MINUMAN


Prinsip bawa bekal di tempat wisata agar irit tidak berlaku di Puncak Sosok. Harga jajanan dan minuman terbilang cukup murah, tidak sebanding dengan perjuangan bakulnya membawa makanan tersebut sampai Puncak Sosok, terharu. Beberapa menu yang ditawarkan :
Indomie Biasa             5k
Indomie Komplit        8k
Pop mie.                      7k
Gorengan 1porsi         5k (isi 6 biji)
Sego Wiwit                 2.5k

Sego wiwit ini sendiri menjadi salah satu khas dari Puncak Sosok. Nasi gurih bungkus kecil, dengan lauk kering tempe dan sambel, enak.

Harga minuman standar, 3-5k, tergantung teh, jeruk, atau minuman saschet lainnya. Tersedia juga wedang uwuh dan wedang jahe yang dapat menghangatkan badan dari dinginnya sikap dia.

Tips:
Bagi Anda yang suka bersepeda, Puncak Sosok menjadi tempat yang tepat untuk bersepeda dan sering digunakan untuk event beberapa komunitas sepeda.
Bagi Anda yang mengendarai motor matic, pastikan kondisi motor sehat. Dikhawatirkan, motor kuat sampai atas, tapi bingung pas turun karena rem kurang sehat.
Bagi Anda yang suka berfoto, jangan lupa bawa kamera yang bagus agar hasil foto juga maksimal.
Bagi Anda yang bersama pasangan, harap dijaga baik-baik agar tidak tertinggal.
Bagi Anda yang tidak mendapatkan tempat duduk dan lupa tidak membawa tikar, ada persewaan tikar 5k pertikar-nya

Selamat menikmati liburan murah, sehat dan sempurna di Jogja. Sampai jumpa di pelaminan.


Share:

0 comments